Radang Usus Buntu, kadang ada yang tiba tiba

Tidak semua usus buntu bermasalah. Hanya bila terjadi sumbatan di sana, usus buntu meradang.

Seringkali tanpa keluhan dan gejala yang nyata, lalu tiba-tiba saja jadi bermasalah. Mungkin terlambat ditangani, dan ujung-ujungnya berpotensi membahayakan nyawa.

Kasus yang terjadi pada diri saya sendiri, pada hari Rabu 10 Oktober 2007 3 hari menjelang lebaran 1428H, pada waktu itu saya siap beramngkat mudik ke cihami, namun pada saat akan berangkat ada yang terasa melilit seperti masuk angin atau sakit perut di bagian perut. Saya coba ke wc, namun tidak ada perubahan. Saya coba terlentang dan tertidur, bangun tidur malah tambah sakit. Saya dibopong istri saya ke bidan pengobatan yang memang sudah biasa menerima pengobatan, namun ke esokan harinya tetap saja sakit. Hari Kamis pagi makin menjadi, saya periksakan ke RS Bunut, hasilnya positif tipes. Saya minta dirawat di rumah saja dan saya janji akan istirahat total (tidur).

Hari Jumat pagi perut bagian bawah sakit sekali sehingga saya sampai pingsan menahan sakitnya. Kemudian saya dilarikan ke RS Hermina oleh istri atas bantuan tetangga. Rasa nyeri hilang dan saya sementara dinyatakan usus buntu. Agar lebih yakin koling Dr Fuji, menurut beliau positif usus buntu dan direkomendasikan konsul ke Dr Bedah (Bilven). Hasilnya, langsung puasa 4 jam kemudian di operasi.

Ternyata usus buntu yang saya alami telah pecah dan radang sejak lama. Hal yang berbeda dengan biasanya adalah saya tidak perasakan adanya atnda tanda itu, bahkan ketika akan di operasi, saya masih mampu mengangkat kaki kanan tinggi tinggi. setelah saya ingat ingat kembali, memang suka ada sedikit sakit (nyeletit) sebentar di bagian perut kanan bawah.

Mengapa Radang?

Dulu orang mengira radang usus buntu muncul bila sering makan cabai bersama bijinya atau jambu klutuk beserta bijinya.
Biji cabai dan biji jambu yang masuk ke usus buntu dianggap penyebabnya. Namun, fakta medisnya ternyata bukanlah itu.

Usus buntu itu bagaikan umbai cacing di pojokan usus besar, tempat tinja menumpuk. Tak jelas apa fungsinya. Diduga itu bagian tubuh yang sudah rudimenter (tersisa karena tak berguna). Tidak punah, tetapi tetap hadir, dan justru berpotensi menimbulkan masalah.

Masalah pada usus buntu timbul bila dia meradang. Normalnya usus seujung kelingking bayi ini tidak dimasuki oleh apa pun. Tidak pula oleh tinja. Namun, sewaktu-waktu, dengan penyebab yang tak selalu jelas, dia bisa juga mendadak meradang. Ada sedikitnya lima penyebab kenapa usus buntu mendadak jadi meradang. Tak ubahnya kelenjar amandel (tonsil di rongga mulut), usus buntu juga berisi kelenjar limfoid yang sama, bagian dari pertahanan tubuh mengenyahkan serangan ketika bibit penyakit datang. Kelenjar limfoid usus buntu akan membengkak bila meradang.

Kita tahu, dalam tinja dan usus, normalnya bisa saja dicemari oleh bibit penyakit. Kuman usus Escherichia coli paling sering jadi biang keladinya. Bila kuman usus ini tersasar memasuki usus buntu, disana infeksi lalu bersarang, dan usus buntu pun meradang.

Sama halnya dengan kelenjar tonsil di mulut, usus buntu pun jadi meradang lalu membengkak. Yang seperti ini yang paling sering terjadi.

Adanya tinja yang tersasar (faecolith) merupakan penyebab lain kenapa usus buntu meradang. Entah kenapa bisa terjadi. Mungkin tinja yang sudah mengeras tertahan kelewat lama di usus besar, sehingga punya kesempatan untuk tersasar, mungkin oleh gaya beratnya sendiri.

Peranan biji-bijian dalam tinja (yang sering tak tercerna), menimbulkan anggapan seolah hanya itu penyebab usus buntu meradang. Tinja yang kotor dan berkuman yang tersasar ke sana dianggap merupakan “benda asing” dan menimbulkan peradangan juga.

Penyebab lainnya adaiah bila ada “benda asing” selain tinja. Cacing misalnya. Cacing yang beternak di usus besar bisa tersasar memasuki usus buntu juga, dan usus buntu kemudian meradang.

Hal lainnya, kemungkinan sebelumnya usus buntu pernah meradang oleh penyebab yang berbeda, dan kemudian terjadi kerusakan jaringan (fibrosis) pada usus buntu. Jepitan atau pelintiran pada usus buntu sewaktu meradang, berakibat aliran cairan limfe dan darah tidak sempurna, sehingga usus buntu rusak, dan mungkin membusuk.

Bila usus buntu meradang, aliran limfe lalu terhambat. Awalnya pembuluh darah balik vena usus buntu saja yang tersumbat akibat usus buntu membengkak. Lama lama aliran darah pembuluh nadi arteri ikut tersumbat juga. Usus buntu yang terinfeksi kuman, lalu membengkak, cairan limfe dan darah yang mengalir kesana tersumbat, merupakan gambaran khas suatu peradangan usus buntu.

Hadirnya kuman dalam proses peradangan itu yang kemudian memproduksi nanah dalam usus buntu menyerupai bisul. Bila darah sudah tidak mengalir lagi ke dalam usus buntu, usus buntu akan membusuk (gangren) karena sudah tak mendapatkan makanan lagi.

Usus buntu yang bernanah dan membusuk yang kemudian bisa pecah, dan nanah tumpah mengisi rongga perut menimbulkan kondisi peritonitis atau radang rongga perut itu. Kondisi ini yang menimbulkan keadaan darurat perut (acute abdoment) dan perlu tindakan segera. Keadaan seperti begini yang dihadapi Tuan Ben, ketika itu.

Keluhan dan Gejala

Serangan peradangan usus buntu tidak selalu khas sebagaimana lazimnya. Yang khas, diawali dengan tidak enak perut, biasanya rasa tak enak perut di sekitar pusar.
Pada saat yang sama muncul demam ringan, disertai mual dan muntah-muntah. Mungkin diare, ada pula yang malah sembelit. Namun, yang pasti, nyeri tidak enak perut berlanjut, kendati sudah diredakan dengan obat.

Nyeri berkembang dari sekitar pusar, kemudian menyebar sampai ke perut kanan bawah. Tergantung posisi usus buntunya terhadap usus besar, rasa nyeri dan keluhan tak enak perut tidak selalu khas.

Apabila ujung usus buntu menyentuh saluran kencing ureter, nyerinya akan sama dengan sensasi nyeri kolik saluran kemih, dan mungkin ada gangguan berkemih. Bila posisi usus buntunya ke belakang, rasa nyeri muncul pada pemeriksaan tusuk dubur atau tusuk vagina. Pada posisi usus buntu yang lain, rasa nyeri mungkin tidak spesifik begitu.

Pada kasus peradangan usus buntu yang spesifik, akan muncul nyeri tekan pada perut kanan bawah. Nyeri semakin memberat dari jam ke jam. Selain nyeri bila ditekan, nyeri juga muncul bila setelah ditekan lalu segera dilepas (nyeri lepas). Nyeri yang sama pada perut kanan bawah akan timbul bila ditekan pada perut kiri bawah. Selain itu otot-otot dinding perut teraba menegang.

Pasien umumnya berbaring dengan tungkai kanan lebih ditekuk, dilakukan tanpa sadar untuk lebih mengendurkan otot dinding perut agar tidak menekan usus buntunya yang meradang. Nyeri perut yang semula tak begitu jelas, kemudian berangsur-angsur berubah menjadi nyeri tajam dan berlangsung terus menerus.

Bila dilakukan pemeriksaan, dengan perasat tungkai kanan dan paha ditekuk kuat, atau tungkai kanan diangkat tinggi-tinggi, nyeri di perut akan dimunculkan. Kecurigaan adanya peradangan usus buntu semakin bertambah bila pemeriksaan dubur dan atau vagina menimbulkan rasa nyeri juga. Suhu dubur (rectal) yang lebih tinggi dari suhu ketiak (axilla), lebih menunjang lagi adanya radang usus buntu.

Pemeriksaan laboratorium darah menunjukkan hitung darah putih yang meninggi (leucocytosis), dengan pergeseran jenis sel darah putih berbalik ke arah kiri. Hitung sel darah putih akan bertambah tinggi lagi bila usus buntu sudah pecah (perforasi).
(referensi : keluargasehat.com)

51 responses to “Radang Usus Buntu, kadang ada yang tiba tiba

  1. mudah mudahan cepat sembuh ya

  2. bella saputri indriani

    Dok,saya sering mengalami
    keluhan sakit perut yang datang lalu hilang lagi begitulah terus menerus. namun sakitnya ituu spertii perut saya di gulung” . faktornya apa ya dok?

  3. Doc… saya sdah 2× krumah sakit karna saya merasakan sakit dibagian perut kanan bawah… dan saya sdah mngalamix krang lbih 4 bulan.stelah dokter menyuruh sy usg.. stelah dkter priksa…terxata ga ada apa2 dgan perut saya..menurut anda bgaimana dok..??

  4. asslmualaikum,,dr saya mau bertanya tgl 9mei 15 saya datang ke ugd dgn keluhan nyeri perut kanan bawah. dan saya positif kena usus buntu karna hasil leukosit 12 ribu . di opname tgl 10 dan tgl 11 operasi dan dibolehkan pulang tgl 14 dan kontrol tgl 18 . saat kontrol luka jahitan bersih dan kering entah dan nyeri pun berkurang. entah kenapa tgl 22mei sampai sekarang saya mengeluh nyeri perut lagi berpindah2 pindah posisi kadang kiri bawah dll dan sangat teramat sakit. perut serasa di tendang2 dan saya atasi dengan mengedan dan jalan membungkuk. itu bagaimana cara mengatasinya ya dok., mhon penjlsannya. trima ksih

  5. Maaf dokter, 3 hari lalu, saya menderita sakit perut yang luar biasa, namun tidak tidak disertai muntah muntah, setelah saya cek ke dokter, dan mengikuti proses tes darah, ternyata saya terkena usus buntu, dokter mengatakan operasi nya besok, namun rasa sakit di perut saya sudah menghilang, saya jadi tidak yakin, apakah saya memang terkena usus buntu walau saya sudah tes darah

  6. Boleh kah makan mie pasca operasi usus buntu?

  7. Saya sakit usus buntu akut
    Dan saya d vonis doktr cm bisa bertahan hidup 2 bln saja

  8. I appreciated your content that you posted.🙂

  9. Thanks for this inspiring content. I really enjoyed it a lot.
    What you have done is really inspirational.
    |
    This is really inspirational content. I would like to use your style to improve my own content on my website.

  10. doc apakah jika usus buntu yg telah pecah dan nanahnya telah menyebar kemudian di operasi dgn tindakan penyedotan nanah,pembersihan dll apakah tetap akan berpotensi terjadi infeksi ? seberapa besar tingkat resikonya jika terjadi infeksi ?? . . mohon masukannya doc apa yg harus sy lakukan. . usia pasien 50 tahun. . trimakasih

  11. doc. saya santy berusia 29 thn, keluhan saya, di bgian pagina. ke anus rasa sakit, sakit bnget sich ga, biasa, ma perut mules, knp ya doc.

  12. dok, klo hbs mengangkat benda berat sprt menggeser motor keesokan hr y perut kanan bagian bawah sakit sampai k vagina dan dubur. biasa y orang bilng turun bero, tp klo keseringan angkat berat rasa sak
    it seperti ini selalu dtng. itu sy sakit apa ya dok? mmohon jwban y. klo sdh d urut lmyn enakan. tp ketika rs skt itu dtng bdn pd lemes

  13. sodara saya skrng sedang mengalami usus buntu stlah oprasi berhasil tp dia skrng malah jd koma , itu kenapa ya?

  14. saya edhy usia 26thn,sekitar 2 thn yg lalu saya operasi usus buntu kata dokter pecah,saat ini perut bagian kanan saya agak besar seperti kembung,apakah normal dok,mksh

  15. kejadiannya benar benar mirip sama saya. sebulan yang lalu tepat tanggal 17 oktober saya mengalami sakit perut luar biasa dibawa ke wc tetap tidak pengaruh,mau dibawa tidur sakit.lalu saya ke klinik 24 jam dan kata dokter mungkin hanya salah makan dan saya dikasih obat penghilang rasa sakit namun keesokan harinya tidak ada perubahan sampai akhirnya saya dibawa ke UGD dan positive usus buntu yang juga sudah pecah. sorenya tanggal 19 oktober saya operasi dan alhamdullilah sekarang sudah sehat sepenuhnya dan juga sekarang dibawah pusar ada tato lipan hahaha.

  16. setiap aq maen volly.,.

    perut qu trasa sakit.,.,.

    apa kah ni usus buntu atau bukan.,.,.

    aq takut,.,.,.

  17. Sdh 3 hari prut bwh bagiian kanan sy slalu nyeri tanpa jeda, dan smakin hari tmbh skit, sy periksa d katakan bhwa sy usus buntu, tapi cuma d ksi obat, stelah sy minum obt skitnya tdk hilang. Malah skr sktx mnjalar ke perut… Apa usus buntu sy sdh parah dok?
    Trmksh…

  18. dok mau tanya, ada gag ya obat herbal yg dapat menyembuhkan usus buntu yg sudag pecah dan mengeluarkan nanah ? kmrn kakak saya habis operasi, tp masih ada nanah di dalam perutnya pasca operasi itu..
    makasih infonya ..

    • ass..wr wb
      Tika…bagaimana kondisi kk km skrng? stlh operasi dan masih ada nanah dlm perutnya..Suami aku skrng alami hal yg sama dng kk km..mohon infonya ya..Terimakasih

  19. mo nanya dok. 1 th lebih sudah di oprasi usus buntu yg pecah.. tapi masih sering merasa sakit, bila d tekan pd jahitanya… itu bertanda apa ya dok…?

  20. mlm dok,sy wanita 28 tahun,o iya perut sy sebelah kiri bawah pusar agak samping dkt2 tulang panggul bila saya tidur terlentang trus sy tekn sampai dalam rasanya sakit ,klo yang sebelah kiri sy tekan tidak sakit,gejala apa itu dok/?apakah berbahaya?

  21. saya merasakan sakit di perut sebelah kanan.. saya mencari infonya, dan saya tahu kalo itu ternyata radang usus buntu. sbenarny apa beda usus buntu dengan radang usus buntu??

  22. sy pernah oprasi usus buntu pecah dan saat ini saya merasa nyeri trus pada perut kanan bawah. Kira2 apa penyebabnya ya? Mengingat usus buntu saya sudah rapuh ngk bisa dijarit lagi, apakah akan nutup dengan sempurna?

  23. saya merasakan sakit d perut knn bawah saya sdh 2hr,
    thn 2008 saya prnh mengalami infksi usus buntu.
    apkh saya mengalami hal yg seRupa???
    saya memang blum priksa k doktr krna saya tkut mendengar kbr yg bruk!!!!!!!!!!

  24. 2hari ini saya seperti masuk angin,perut kadang melili,kembung dan entah berapa kali ke belakang. saya periksa ke dokter,beliau bilang “hati-hati usus buntu” jangan makan pedas,asam dan mie. saya dikasih obat ada sirupnya,tapi saya bingung apakah saya mengidap atau baru gejala.

  25. sya akhir des opersi usus buntu, diagnosa dokter hsl foto uda pecah trus lengket, akhir2 ini kok perut sya seb kanan sring sakit slenut2 apalgi klo sya capek, 2 minggu lalu sya kontrol lgi ke dokternya ktnya ‘”oh gak papa itu”, sampe skrg sya bingung, tlg dong dibantu, mobilitas sya tinggi krna sya kerja jga beres rmh krn sya gk punya prt, info jga stelah operasi 2 minggu kmudian sya berlibur ke jkt (domisli di sby) apakah itu pengaruh?kt org, didlam perut belum kering bgt ( kecapekan )

    • itu bukan karena belum kering, tapi memang ususnya peka. Kepekaan itu biasanya pada santen, cabe atau kacang. Jadi hindari saja makanan yang seperti itu. jangan berfikir bahwa setelah operasi usu buntu jadi serba bebas atau kuat, tapi tetap saja kita harus hati hati jangan sampai muncul penyakit lainnya.

  26. akuu pnya gejala usus buntu thun 2008,aku udah periksa k dokter .
    dokter blng saya msh bsa sembuh dngan minum obat aja soal nya msh gejala.
    tpi d tahun ni saya merasakan kesakitan lgi d bagian perut kanan bagian bawah ..
    tpi saya belum periksa krna saya takut bnged.
    saya takut di operasi..

    • Yang pasti harus ke dokter, rasa takut lebih baik dari pada rasa stress. Kalo sekarang hanya takut saja mungkin nanti akan dibarengi dengan stress. Makanya lebih baik sekarang saja.
      Lebih lama dibiarkan maka akan semakin akut dan berbahaya.

  27. beberpa hari yang lalu saya habis operasi usus buntu,yang ingin saya tanyakan apakah akibat kalau usus buntu yang meradang mengalami pecah?mengingat bakteri akan menyebar maka tindakan apa yang perlu dilakukan jika usbun pecah?
    terimakasih

  28. Brarti sya terkena usus buntu,kasihan ortu sya lw ampek sya d operasi,gg da biaya..
    Trus,kuliah sya terbengkalai..

  29. hari ini adik lk2 sya mngalmi appendix blm akut tp memang hrus diankat..smua spekulasi apa penyebabnya.smga sukses amin

    • Biasanya sih dari makanan, apkah itu kurang minum, atau banyak makan makanan yang meninggalkan sisa di usus seperti santen atau yg lainnya.

  30. saya mempunyai usus buntu.pada saat operasi baru ketahuan bhwa usus buntu saya pecah,,saya panik..apakah ada solusi terbaik,kalau saat ini dokter memakaikan draine pada perut saya untuk membuang nanah yg tersisa..apakah efektif..?

  31. thx infonya….
    hari ini ada sodara saya meninggal karena usus buntu yg telat penanganan… udah jelas usus buntu tp ga mau dioperasi, saat parah2nya dibawa ke RS tp dah terlanjur telat…
    memang sakit apapun harus segera ada tindakan secepatnya

  32. terima kasih atas infonya…

  33. Aq jg gto… tidak ada tanda-tanda sebelumnya, tapi tiba-tiba rasanya mules luar biasa, seluruh bagian perut seperti kram, 16 jam tanpa obat, Setelah 24 jam di RSUD Cianjur, dirujuk ke Borromeus Bandung, cuma perlu 45 menit dari UGD ke kamar operasi. 1 jam 20 menit istri dipanggil ke kamar operasi, “usus buntu pecah”
    sekarang sudah 17 hari post op laparotomi, … sudah ngajar 2 hari, kmaren rasa sakit di bawah pusar tuh menjadi-jadi. Hari ini pake korset jadi agak gak kerasa… Allah beri hambamu kesembuhan dan kekuatan. Amien

  34. sebaiknya bapak periksakan ke dokter, karena kalo dibiarkan kita tidak tahu yang sebenarnya. jika itu usus buntu maka akan semakin meradang, operasinya akan semakin besar.

  35. Saya sekarang sedang mengalami sakit di bagian kanan di pusar dan rasanya nyeri bagai di tusuk2 jarum dan apabila saya duduk di atas bangku kerja saya… sakitnya akan lebih sangat terasa dan ini pun sudah terjadi dari beberapa hari yang lalu namun tidak terlalu saya hiraukan, tapi apakh saya terkena sakit usus buntu ?? i hope no..

  36. Coba tidur terlentang, lalu gerakan kaki keatas, dengkul kenakan ke perut. kalo sakit ya, atautusuk tusuk bagian kanan bawah, kalao sakit berarti Ya. Semoga bukan ya.

  37. aku mrasakan sakit di bag.perut.skitx tiba2 &terasa sakit bget.aku takut pa benar ini usus buntu.q belum periksa…
    mudah2an ja gk?????

  38. Terima kasih atas informasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s