“KIAT ESEMKA” Mobil Lokal karya Siswa SMK

Kiat Esemka Mobil, adalah mobil lokal rakitan anak-anak SMK di Solo.

Patut diacungi jempol untuk karya anak bangsa, saat ini mobil yang berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) karya anak SMK 2 Surakarta dan SMK warga Solo mampu membuat mobil yang tidak kalah bagus dengan pabrikan mobil mobil mapan lainnya. Mobil Kiat Esemka Rajawali yang saat ini menjadi kendaraan dinas walikota Solo Joko Widodo atau yang lebih akrab Jokowi, menjadi Mobil Nasional pertama yang dipakai oleh pejabat. Foto foto Mobil Kiat Esemka Rajawali bisa anda lihat di bawah ini. Spesifikasi mobil Kiat Esemka Rajawali yaitu memiliki kapasitas mesin 1500cc, empat silinder dengan sistem injeksi. Mobil yang berkapasitas 7 penumpang memiliki interior yang sangat lengkap seperti dilengkapi AC, Central lock, audio CD dan parkir sensor. Untuk harga jika diproduksi secara massal sekitar Rp 75 juta sampai 90 jutaan.bahkan mobil Kiat Esemka ini juga sempat mendapat pujian dari Walikota Solo tersebut; lebih bagus dari mobil manapun. “Dari segi desain, kualitas maupun mesinnya mobil ini menang semuanya. Mau mobil Amerika, Jepang sih apik iki,”  begitu kalimat yang terucap usai menjajal Kiat Esemka Mobil karya anak-anak smk di solo ini.

Dengan hadirnya Kiat Esemka Mobil karya siswa SMK tersebut membuktikan bahwa bangsa Indonesia juga bisa memproduksi mobil-mobil berkawalitas yang tak kalah dengan produk luar negeri pun.

Tak hanya di situ kesuksesan Kiat Esemka Mobil ini juga antara lain kerja sama yang di jalin dengan perusahaan-perusahaan perakitan mobil. Kepala Sekolah SMK 2, Susanta menjelaskan,(sekolah yang berhasil merakit esemka mobil ) setidaknya diperlukan waktu sekitar 2 bulan untuk menyelesaikan hingga finish rakitan mobil-mobil Kiat Esemka Mobil tersebut. serta dukungan dari kiat motor yang siap menyediakan tempat dan peralatan tukasnya.

Mobil esemka ini ternyata mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat di indonesia. Terlebih saat di pameran banyak sekali yang antre ingin membeli. Terlebih sejak kemarin mobilnya dipakai Pak Jokowi, masyarakat yang ingin memesan jumlahnya cukup melonjak.

Mobil ini belum 100 % komponen -komponenya dari lokal semua. sebagian komponen harus impor dari luar negeri. tapi setidaknya sudah 80% dari keseluruhan body serta komponen mobil terbuat asli di indonesia. komponen- komponen tersebut adalah ring seker, metal duduk, krek as dalam mesin.

Sementara itu, seperti mesin, body, interior dan eksterior adalah buatan lokal. “Blok mesin hasil cor-coran besi dibuat di Batur Klaten. dan body serta chasis mobil esemka tersebut buatan siswa SMK.

Kendati begitu, setelah mobil ini di pakai oleh salah satu orang pemerintahan ‘jokowi’ di gunakan sebagai mobil dinasnya, ia berharap semoga ke depannya mobil esekam ini juga bisa di pakai oleh bapak-bapak kepala daerah yang lainnya. dengan begitu indonesiatak harus menarik produk dari luar negeri. cukup dalam negeri dan membudayakan produk lokal tentunya.

Sosok Walikota Solo, Joko Widodo, selalu saja menjadi perhatian publik dan media. Setelah menolak mengganti mobil dinas lamanya dengan sedan Toyota Camry, ia kini mau bersedia menggunakan mobil baru.

Tapi, mobil itu bukanlah berasal dari pabrikan mobil ternama di dunia, seperti Honda, Toyota, atau Nissan. Jokowi, sapaan akrabnya, lebih memilih menggunakan mobil baru, rakitan siswa SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta, yang diberi nama Kiat Esemka.

Lalu bagaimana kehebatan mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) ini. Dari segi eksterior, mobil ini terlihat garang dan elegan. Itu berkat ada sentuhan model head lamp yang bergaya futusristik. Kesan sporty juga terlihat pada bagian grill dan fog lamp di bagian bumper.
Beralih ke desain interior, mobil yang memiliki kapasitas tujuh penumpang ini, sudah dilengkapi dengan power window, AC dual zone, power steering, central lock, sistem audio dengan CD, serta tak ketinggalan sensor parkir.

Di balik kap mobil, terbenam mesin bensin 1.500 cc, dengan empat silinder plus sistem bahan bakar injeks. Mesin yang diadopsi dari mobil Timor ini, diklaim dapat menyemburkan 105 tenaga kuda pada putaran mesin 5.500 rpm.

“Mobil ini komposisi bahan baku lokalnya mencapai 80 persen. Harganya jika diproduksi masal sekitar Rp95 juta,” kata Jokowi.

Bagi Jokowi menggunakan mobil dinas lokal merupakan suatu kebanggaan sebagai warga Indonesia. “Ini menunjukkan bahwa Indonesia bisa memproduksi mobil yang bagus,” ungkapnya. Mobil tersebut dibuat oleh siswa SMK bekerjasama dengan bengkel mobil Kiat Motor Klaten.

Mobil Nasional Esemka Rajawali Spesifikasi dan Harga. Rasa bangga Wali Kota Solo Joko Widodo saat menggunakan mobil hasil rakitan siswa-siswa SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Solo bukan tanpa sebab. Spesifikasi yang diusung mobil nasional Esemka Rajawali sudah tergolong mumpuni dan tidak kalah dengan pabrikan mapan.

Awal pekan ini, Jokowi mengganti mobil dinas Toyota Camry yang biasa dinaikinya, dengan Esemka Rajawali. Serah terima mobil nasional ini dilakukan kemarin, Senin (2/1/2012), di Balaikota Solo.

Esemka Rajawali adalah mobil hasil perakitan para siswa-siswa kreatif ini yang bekerja sama dengan bengkel Kiat Motor Klaten, pimpinan H Sukiat sebagai partner industri SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Solo.

Sumber: http://unbara.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s